Senin, 31 Desember 2012

1% lebih baik tiap harinya, akhir tahun menjadi 360% lebih baik dari hari ini..

Beberapa jam yang lalu, ledakan kembang api, tiupan terompet dan bunyi-bunyian lainnya meramaikan pergantian tahun 2012 menuju 2013. Beribu ucapan dan harapan memenuhi halaman awal jejaring sosial, facebook, twitter bahkan beranda kompasiana pun penuh dengan tulisan bertemakan tahun baru. Semua harapan yang terucap pada dasarnya ingin sesuatu yang baru dan lebih baik.

Pergantian tahun, bulan, hari, bahkan jam ke jam pun pada dasarnya sama, karena hal-hal tersebut merupakan bentuk perubahan bagi hidup kita. Perubahan yang akan selalu mengikuti manusia yang masih memiliki nyawa. Selama pergantian waktu tersebut yang sebenarnya membedakan kita adalah tingkat kualitas diri kita, jadi lebih baik atau lebih buruk.Pergantian tahun baik itu tahun masehi, akhir tahun hijriah atau akhir tahun umur kita menjadi momen untuk evaluasi, perbaikan kualitas dan pencapaian diri kita selama ini. Karena itu banyak yang membuat resolusi dan evaluasi diri tiap pergantian waktu tersebut.
Namun sebetulnya, resolusi dan evaluasi diri harusnya bisa dilakukan setiap waktu yang lebih pendek, tiap bulan, minggu , hari, jam, menit ataupun terhadap setiap kejadian yang terjadi pada hidup kita. Karena semakin detil evaluasi biasanya akan semakin baik.

Resolusi pun akan selalu berganti seiring berjalannya waktu. Disadari ataupun tidak, setiap hari kita pasti mempunyai resolusi baru untuk hidup kita, perbedaannya dengan resolusi di momen pergantian waktu hanya terucap dan tidak terucap. Saya pun seperti itu, tiap bangun tidur di pagi hari selalu penuh dengan resolusi-resolusi hasil evaluasi hari kemarin. Pagi ini pun disaat matahari pertama di tahun 2013 sama, berbagai resolusi hadir dalam benak saya. Berikut resolusi-resolusi saya untuk 360 hari kemudian:
1. Selalu shalat tepat waktu.
2. Menyempatkan waktu untuk membaca al-qur'an walau hanya 1 ayat agar dapat khatam di tahun ini.
3. Menyempatkan waktu untuk melaksanakan amal-amalan sunah Nabi Muhammad SAW.
4. Lebih selektif dalam menjalani kegiatan agar senantiasa melakukan kegiatan yang bermanfaat.
5. Menyediakan waktu lebih banyak untuk pengerjaan skripsi agar bulan Mei nanti bisa menyandang gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat.
6. Membaca buku minimal 2 buku dalam satu minggu untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman.
7. Mulai menabung untuk menikah di tahun 2017 nanti walau saat ini belum memiliki pekerjaan.
8. Mengikuti pengajian atau acara-acara keagamaan agar lebih dekat dengan Allah.
9. Berhenti mengeluarkan keluhan-keluhan pada setiap kejadian yang tidak mengenakkan.
10. Memperbaiki sikap, perilaku dan tutur kata yang kurang baik.
11. Memasuki dunia-dunia baru  untuk menambah relasi.
12. Menghasilkan tulisan-tulisan inspiratif setiap minggu minimal 1 buah tulisan.
Terakhir no 13 berupaya agar tulisan-tulisan saya bisa di muat di media cetak ataupun media online dan menginspirasi banyak orang.
Lebih terakhir lagi saya harus dapat konsisten dan istiqomah dalam setiap hal baik yang saya lakukan..
Harapan saya di tahun ini dapat menjadi orang yang setiap harinya dapat lebih baik minimal 1% dari hari sebelumnya sehingga pada tanggal 31 Desember 2013 saya menjadi orang yang 360% lebih baik dari hari ini.

Nah, barusan adalah resolusi dan harapan saya hari ini untuk hari-hari ke depan, mungkin besok atau lusa atau minggu depan atau bulan depan resolusi dan harapan saya bertambah namun yang pasti tidak akan berkurang. he
Bagaimana resolusi dan harapan teman-teman semua? sudah di tulis atau belum? jika belum saya sarankan tulis semua reslusi dan harapan teman-teman semua agar terlihat lebih nyata dan kemungkinan menjadi kenyataan lebih besar.. he

Demikian sharing saya tentang resolusi dan harapan di hari pertama tahun 2013.

Selamat tahun baru 2013, selamat bertafakur dan bermuhasabah. :D

Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar