Minggu, 21 Oktober 2012

RASA TAKUT ADALAH NALURI


·         Rasa takut adalah naluri, rasa berani adalah kemenangan: kemauan membungkam rasa takut dan menyembunyikan dibawah rasa berani.
·         Adalah mudah untuk bersikap berani dalam jarak yang aman.
·         Betapa sering kita ingin menjadi takut, tapi kurang ada keberanian pada kita untuk berbuat demikian.
·         Ada orang-orang yang menjadi agresip, oleh karena mereka menjadi takut.
·         Hanya ada dia yang mempunyai keberanian yang sesunggunya yang mampu menanggung beban dari pengalaman yang seburuk-buruknya yang bisa dialami manusia yang bersikap bijaksana.
·         Kebesaran manusia yang benar satu-satunya barangkali terdiri dari kemampuannya untuk merendahkan dirinya sendiri.
·         Caci maki seorang penjahat merupakan kehormatan bagi seorang yang jujur.
·         Takut akan apa yang orang lain berkata atau berpikir tentang anda yakinlah, bahwa apa yang anda rencanakan adalah baik dan tepat.
Dan laksanakanlah tak ada orang yang melakukan sesuatu yang tak mendapatkan kecemasan.
·         Takut akan orang: letakkan persoalannya, pada proporsi yang sebenarnya ingat bahwa orang lain itu adalah manusia biasa, mirip dengan anda sendiri.
·         Gunakan dua langkah: pencilkan rasa takut anda, tetaplah secara pasti dan seksama, apa yang anda takuti ambilah tindakan, ada tindakan tertentu bagi ketakutan tertentu, dan ingat bahwa ragu-ragu hanya memperbesar rasa takut anda. Ambilah tindakan segera, bersikaplah tegas dalam mengambil keputusan, kekurangan, keyakinan pada diri sendiri sering disebabkan karena ingatan yang keliru arah.
·         Senyumlah: senyum memberi kepercayaan kepada yang bersenyum it. Mereka tahu bahwa senyum itu adalah obat mujarab untuk menyembuhkan rasa kurang percaya, karena mereka tak pernah tersenyum kalau mereka takut.
·         Orang sering menunjukkan ketetapan hati karena kelemahannya dan berani karena rasa malu.
·          Keberanian sebenarnya adalah bagaikan layang-layang, sentakan angin menaikannya.
·         Seorang pengecut mati beberapa kali sebelum meninggal dunia, si pemberani hanya merasakan kematian hanya sekali saja.
·         Seorang pemberani yang sebenarnya bukannya dia yang dengan membabi buta melompat masuk ke dalam jurang, melainkan adalah dia yang dengan perlahan-lahan dan mata terbuka memasuki jurang itu setelah mengukur dalamnya .
·         Bagi semangat dan jiwa tidak dapat mengambil keputusan, ketakutan adalah sama seperti bangku penyiksa bagi badan.
·         Adalah sebuah nasehat yang baik yang pernah saya dengar diberikan kepada seorang anak muda: kerjakan selalu apa yang anda takut melakukannya.
·         Jika kita hendak mengikutsertakan orang-orang yang berani dalam sesuatu soal, kita harus menggambarkan bahwa masalah lebih berbahaya dari pada yang sebenarnya.
·         Banyak orang menyangka bahwa apabila mereka melihat dimana-mana hanya ngarai-ngarai keburukan saja hal itu merupakan pertanda adanya suatu penglihatan yang dalam pada mereka.
·         Teguran-teguran yang kita berikan kepada mereka yang berbuat salah lebih banyak didorong oleh kecongkahan daripada oleh kebaikan kita dan kita mencela mereka itu lebih banyak untuk meyakinkan mereka itu kita tidak mempunyai kesalahan-kesalahan tersebut daripada untuk memperbaiki mereka itu.
·         Orang akan lebih menghargai kesopanan banyak orang lain seandainya dia tahu betapa banyak kemenangan diri yang diperlukan orang-orang itu untuk memperolehnya.
·         Sifat sedang menimbang semuanya benar hanya alat timbangannya yang tidak benar.
·         Perbaikan yang terlalu besar dalam memperhatikan kekurangan-kekurangan orang lain membikin orang meninggal tak pernah mempunyai waktu untuk mengenal kekurangan-kekurangannya sendiri.
·         Banyak orang meributkan keburukan dunia yang bagi mereka sebenarnya jauh daripada cukup buruk.
·         Memang sulit untuk menyukai mereka yang kita tidak hormati, tapi tidak kalah sulitnya adalah untuk menyukai mereka yang kita lebih hormati. Tapi tidak kalah sulitnya adalah untuk menyukai mereka yang kita lebih hormati dari diri kita sendiri.
·         Mereka yang memiliki anggapan yang tinggi mengenai diri mereka sendiri tidak senang secara mendadak nampak gambar dirinya dilihatnya sendiri dalam cermin.
·         Apabila seseorang tidak bisa mendapatkan rasa hormat dari orang lain kepada dirinya, maka timbullah kecenderungan dalam dirinya untuk orang-orang yang baik hati dihormati oleh karena mereka tidak mengetahui bahwa orang lain hanya menyalahgunakan mereka.
·         Orang selalu mengagumi suatu karya, dalam mana ditemukannya kembali pikiran-pikirannya sendiri.
·         Pada punggung setiap orang pada sebuah etiket yang menjadi dasar bagi orang lain untuk menilai dirinya dan hanya dia sendiri yang tidak melihatnya.
·         Kita menanamkan ajaran adat yang tidak dari kita sendiri tidak beradat.
·         Dalam membenarkan orang lain kita mengikuti pendapat dunia tapi dalam membenarkan diri kita sendiri sering kita memdahului pendapat dunia.
·         Seperti negara mempunyai undang-undang dasar, demikian pula mestinya setiap orang harus mempunyai undang-undang dasar sendiri untuk dirinya masing-masing.
·         Dari kehidupan orang lain kita hanya melihat dalih-dalih saja.
·         Orang-orang menuduh sesamanya melakukan kesalahan-kesalahan yang mereka sendiri bukannya tidak pernah melakukannya.
·         Oleh karena keinginannya bapak dari pikiran, maka demikian mudah kita percaya kepada kesalahan-kesalahan orang lain.
·         Bicarakanlah orang lain dengan sifat-sifat yang baik: ingat bercakap bukan bergosip bukan bergunjing. Bercakap berbincang-bincang dicampuri bercanda kadang-kadang perlu anda bisa menyelidiki apakah anda suka bergosip apa tidak.
·         Jika kita sendiri tidak demikian sering berpura-pura, kita tidak akan demikian tersinggung melihat kepura-puraan pada orang lain.
·         Orang tidak akan dihormati orang lain lebih dari pada dia menghormati dirinya sendiri.
·         Orang sering mengatakan sesuatu yang kasar kesebelah kiri untuk menerima pujian dari sebelah kanan.
·         Rasa hormat tidak selelu membawa kepada persahabatan, tapi persahabatan tidak mungkin ada tanpa rasa hormat. Ini merupakan salah satu hal yang membikin persahabatan lebih dari pada rasa cinta.
·         Mengagumi seseorang berarti berkeinginan menjadi sama dengan yang dikagumi itu. Merasa iri hati kepada seseorang berarti berkehendak untuk menyingkirkannya.
·         Apa yang anda sukai pada diri orang lain pada umumnya juga orang menilai orang lain berdasarkan apa yang dikatakakannya dan apa yang diperbuatnya: orang menilai diri sendiri berdasarkan apa yang dipikirkannya dan yang hendak dicobanya.

Tanam dan tumbuhkan tiga sikap ini jadikanlah pembantu anda:
1.       Tumbuhkan sikap aktif
2.       Tumbuhkan sikap anda penting
3.       Tumbuhkan sikap paling dulu service
Apa saja yang anda lakukan, lakukanlah dengan semangat orang suka bergaul, dengan orang percaya tentang apa yang dikatakannya. Seperti ngengat menggerogoti pakaian, demikian pula rasa iri hati menggerogoti rasa manusia.
Iri hati yang berbicara, bahkan yang berteriak senantiasa tidak berbahaya, yang harus ditakuti adalah iri hati yang berdiam diri.
Rasa iri hati kita selalu berumur lebih panjang daripada kebahagiaan dari mereka yang membangkitkan rasa irihati tersebut.
Ambisi adalah seperti air laut, semakin banyak orang meminumnya semakin haus .
Apa yang nampak sebagai kemurahan hati sering sebenarnya adalah tiada lain daripada ambisi yang terselubung, yang mengabaikan kepentingan-kepentingan kecil untuk mengejar kepentingan-kepetingan yang lebih besar. Hati-hati ejekan sering hanya merupakan ungkapan rasa malu dari kelembutan.
Mengalah kepada orang yang salah adalah dua kali benar apabila anda membantu orang lain untuk merasa penting, maka anda membantu diri anda merasa penting pula.
Adalah kutu yang berani, yang berani mendapatkan sarapannya pada bibir seekor singa. Sungguh orang pemberani sebagai manusia berani makan tiram pancarkan kabar baik. Tak ada orang menghasilkan sesuatu yang bermutu kalau ia suka memancarkan kabar-kabar yang jelek.
Tumbuhkan dan kembangkan sikap anda itu penting, orang berbuat lebih banyak untuk anda, kalau anda membuat mereka merasa lebih penting, ingat untuk berbuat  hal-hal yang tersebut.
Berilah pernghargaan, pujian pada setiap kesempatan. Buatlah orang merasa penting,.
Anda jangan memuji orang karena nampaknya besar, atau memandang orang karena kelihatan kecil, karena lebah termasuk kecil dikalangan binatang bersayap namun dialah yang menghasilkan madu yang lebih manis.
·         Kesadaran sekalipun hanya sesaat saja seringkali berharga daripada pengalaman sepanjang hidup.
·         Nasihat yang terbaik diberikan oleh pengalaman, tapi nasehat ini selalu datang terlambat.
·         Rasa hormat yang diberikan secara kaku, acuh tak acuh merupakan kekasaran yang halus.
·         Orang sering mencampuradukan kekuatan dengan kekerasan, memang benar kelembutan sering merupakan pembungkus yang jelek dari kelemahan, tapi kekerasan sering juga merupakan kelemahan yang nampaknya lebih pandai menyembunyikan diri.
Dari siapa anda belajar tingkah laku yang baik? Saya belajar dari mereka yang tidak mempunyai tingkah laku yang baik.
·         Mengalah sama dengan melucu, yang menerima tidak akan pernah merasa cukup menerimanya, tapi yang memberi bisa kadang memberikannya terlalu banyak.
·         Apabila orang bertindak bijaksana, tidak seorangpun melihatnya, tetapi apabila orang berlaku tidak bijaksana maka semua orang akan mengetahuinya.
·         Orang yang bijaksana adalah orang yang mengetahui sejauh mana dia merasa pergi terlalu jauh.
·         Tidak ada yang membikin panah sendirian, lebih tajam daripada sikap hormat yang melapisinya, tidak ada penyesalandapat dibandingkan dengan yang kita sampaikan dengan tersenyum sambil membungkuk.
·         Penggaris tidak memapkan pengkolan yang sebagus-bagusnya karena bengkoknya. Pendapat umum seperti pelacur, orang menyenangkannya tanpa menghormatinya.
·         Sejarah mendewa-dewakan banyak orang sebagai pahlawan yang sebenarnya hanyalah korban-korban saja.
Jumlah kami jika dibandingkan dengan musuh demikian hingga kami bisa melakukan satu-satunya hal yang bisa dijalankan kita harus menyerang.
·         Lapangan es yang licin merupakan sebuah sorga bagi mereka yang pandai berdansa.
·         Semua kita pengecut karena kita menerima hidup tapi barangkali kita adalah pahlawan oleh karena kita hidup tidak ada orang yang menyukai mereka yang ditakuti.
Apabila orang terlalu mengkhawatirkan apa yang bakal terjadi, dia pada akhirnya akan merasa lega, jika hal yang dikhawatirkan itu benar-benar terjadi.
Ø  Betapapun tingginya burung itu terbang, toh dia harus mencari dan mendapatkan makanannya dibumi juga, tidak ada burung terbang terlampaui tingginya kalau dia terbang dengan sayapnya sendiri
Ø  Banyak orang dimana-mana merasa dirinya mereka seolah-olah ditarik mundur saja hanya oleh karena mereka, dimana-mana mereka ingin menjadi nomor satu.
Ø  Usahakan selalu untuk tidak menegakkan kepada anda lebih tinggi dari pada topi anda.
Ø  Para murid dan pengikut kita akan mengejar kepada kita seribu kali lebih banyak dari guru-guru kita, jika seandainya kita bisa hidup cukup lama untuk menyaksikan karya-karya mereka. Perkecualian tidak selalu merupakan pembuktian daripada hukum lama yang ada, perkecualian bisa saja hanya merupakan pertanda dari masa mendatang tibanya hukum baru.
Ø  Tidak ada orang yang merasa kasihan kepada penderitaan yang dialami oleh kesombongan.
Orang-orang lebih percaya pada kebiasaan dan tradisi para leluhur daripada akal sehat mereka sendiri.
Sebagaimana kita menutup mata mereka yang meninggal dunia, secara perlahan-lahan kita juga harus membuka mata yang hidup secara perlahan-lahan pula.
Seandainya mereka yang berpura-pura mempunyai anggapan yang kurang keherana, jika mereka menemukan orang lain ternyata juga sependapat dengan mereka itu.
Penghormatan dari orang-orang yang sejaman dengan kita merupakan kebahagiaan yang lebih besar daripada kekaguman dari generasi mendatang.
Sering terjadi bahwa orang menghormati kita sepadan dengan penghormatan yang kita berikan kepada diri kita sendiri. Juga yang paling berani diantara kita jarang-jarang mempunyai keberanian untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya diketahuinya.

Belajar adalah benang-benang yang membayar pengalaman pribadi adalah benang yang melintang dalam membuat suatu tenunan pengetahuan praktis.
Selalu menguntungkan jika kita meluangkan waktu untuk belajar, pokoknya asal jangan terlalu sibuk, tak karua, jalankan tugas kewajiban anda sebaik dan secepat mungkin inilah yang paling penting.
Ø  Setiap pemenang penuh dengan bekas-bekas luka, hidup berarti perjuangan selalu ada rintangan-rintangan dan saingan-saingan setiap sukses harus diperjuangkan.
Ø  Kesulitan-kesulitan adalah hal gejala wajar dari sebuah kehidupan yang berarti setiap orang yang progresip adalah selalu dikelilingi oleh kesulitan.
Milikilah rasa percaya kepada diri sendiri dan kearah semangat cukup besar dibelakan keinginan anda untuk mencapai keinginan anda untuk mencapai apa yang anda cita-citakan.
Kesehatan diatas, segala-galanya banyak orang kehilangan segala-galanya karena kesehatan yang buruk.
Tubuh adalah penyimpan energi, harus tetap diisi supaya tetap senyum dan kata-kata ramah seringkali menaikkan produksi 10% atau lebih.
Untuk mendapatkan rejeki, dan nasib baik setiap orang harus bernai menembus bahaya, karena rejeki itu melekat dalam bahaya. Manusia harus mengenal resiko, agar resiko itu dapat diperhitungkan kemudian dapat ditundukkan untuk mendapatkan rejeki maka diperlukan suatu keberanian untuk mendekati untuk berbuat dan mengerjakan sesuatu. Lebih dulu kita harus memiliki keadaan jiwa yang tepat untuk menghadapi kesulitan-kesulitan dalam keadaan memaksa.
Ø  Semakin besar orang itu semakin besar pula kesulitan-kesulitannya dan semakin besar pula tanggung jawabnya.
Sebaiknya anda mencuri kesulitan, kesulitan yang lebih besar. Semakin banyak kesulitan yang diatasi semakin banyak keuntungan yang ia dapati. Watak itulah yang paling berharga pada manusi, ia dibentuk oleh kesulitan-kesulitan bukan oleh hidup bermalas-malasan.
Ø  Barang siapa tak mempunyai kesulitan, akan mengakhiri hidupnya sebagai sampah masyaraka, sebab tiadanya tujuan hidup dan tanpa perjuangan.
Ø  Hidup yang berarti itu adalah serentetan kesulitan dan persoalan yang harus segera dicari jalan pemecahannya.
Ø  Kesulitan-kesulitan tak memberi otak baru kepada manusia, tetapi ia memaksa menggunakan otaknya.
Kesulitan adalah batu alasan kehidupan, setiap puncak karier, dicapai dengan jalan mengatasi kesulitan-kesulitan orang-orang yang berhasil adalah mereka yang bercita-cita dan mempunyai daya kemauan untuk memperkembangkan diri sendiri. Mereka itu tak banyak jumlahnyadan selamanya. Begitu kegagalan adalah hal yang biasa, sukses adalah luar biasa.
·         Kesulitan apapun tak tahan terhadap keuletan dan ketekunan, tanpa keuletan dan ketekunan orang yang paling pintar dan paling berbakat sering gagal dalam hidupnya.
·         Orang yang percaya dan yakin akan berani berusaha terus, mungkin kepandaian-kepadandaiannya tak seberapa, tetapi ia memiliki daya pendorong .
·         Orang yang cepat akan melampaui orang yang kuat tapi lambat.
·         Orang yang berani berinisiatif, adalah orang yang memikul banyak tanggung jawab. Dengan ini setiap ia berhasil melakukan tugas-tugasnya yang kesukaran yang harus anda hadapi. Betapa pentingnya inisiatif dalam perjuangan hidup. Orang yang mengambil inisiatif adalah orang yang memimpin selalu dalam pihak yang menguntungkan diri. Ia tahu apa yang harus diperbuatnya.
·         Orang yang mengambil inisiatif banyak memiliki keuntungan.
Ambilah selalu inisiatif untuk berbuat dan bertindak, lakukanlan hal ini disegala bidang dan lapanga, jangan menanti sehingga ada orang yang menyuruh anda melakukan, yakin hal ini berguna dan perlu.
Ø  Cara yang sukar untuk mendapatkan lebih banyak uang ialah dengan bertindak efisien tetapi ini adalah cara yang lebih baik dan lebih aman.
Ø  Kesulitan-kesulitan anda telah memberikan jalan pelajaran kepada anda tentang apa yang seharusnya tak dilakukan.
Ø  Anda tidak boleh diombang-ambingkan oleh harapan-harapan keinginan-keinginan dan merenungkan saja nasib anda. Anda harus bertindak.
Ø  Buatlah rencana dengan sebaik-baiknya, kemudian anda harus bertindak jangan ragu-ragu dengan pengaruh orang lain jangan menoleh kekiri dan kekana, bertindaklah langsung, tegas kemungkinan kemungkinan berhasil, kemungkinan menang, kemungkinan dapat, dan kemungkinan mengatasi masalah bertambah beberapa kali.
Ø  Mulai sekarang bertindak berbuat setegas mungkin, ambilah tindakan terutama mengatasi kesukaran-kesukaran.
Ø  Penangguhan berarti kelemahan, disebabkan oleh keengganan kurang pengetahuan, pemalasan dan lemah kemauan.
Ø  Harus terus belajar, terus membaca, banyak membaca untuk belajar dari orang lain, belajarlah dari pengalaman orang lain, dengan belajar kita dapat melipagandakan produktifitas kerja kita, maka jika kita menghadapi kesulitan-kesulitan baru kita harus belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar