Kamis, 30 Mei 2013

Cerita Magang

Hoollaaaa.. Assalamualaikum kawan, sudah lama tidak menampakkan diri di blog ini.  Saya lihat terakhir saya menampakkan diri itu 2 minggu yang lalu, itupun dengan menggunakan penampakkan orang lain, bukan saya sendiri a.k.a copas. he
Memang akhir-akhir ini saya disibukkan dengan urusan yang sedikit penting. Refreshing. Ya, setelah sejak tanggal 1 April hingga tanggal 5 Mei kemarin disibukkan dengan kegiatan magang di PT. PINDAD Bandung.
Memang tidak terlalu sibuk sih, hanya saja tinggal di Kota Kembang ini membuat saya harus benar-benar membatasi pengeluaran saya. Sehingga harus menahan diri untuk bercengkrama dengan internet.
Ada banyak kegiatan yang harus saya jalani disaat magang, banyak kejadian-kejadian tak terduga juga selama saya tinggal di Kota Kembang ini.
Mulai dari berputar-putar mencari alamat PT. PINDAD dengan pengetahuan yang minim akan jalanan kota bandung, di lempar kesana kemari ketika membuat perizinan untuk magang, tepar gara-gara menghajar jalanan Ciamis-Bandung-Ciamis di hari yang sama, menerjang hujan untuk mengantarkan barang-barang bawaan hingga semua barang basah kuyup Ciamis-Tasik makan waktu 4 Jam broowww yang biasanya cuma 1 jam. Berebut proporsi bimbingan dengan keberangkatan magang, kenalan sama anak-anak absurd dari SMK Sumedang, tetanggaan sama anak-anak SMK Banjar yang sepertinya hobinya ngamen diterminal tiap malam main gitar dan teriak-teriak, kenalan sama pegawai PT.PINDAD, dibuat bingung sama satpam perusahaan yang akrab banget sama yang namanya detector logam lantaran terus-terus bunyi pas ngecek badan saya, padahal yang bikin bunyi Cuma duit 500 rupiah sajah. -,-. diusir satpam gegara kartu nama ketinggalan, masuk tempat produksi 10 menit tapi uda bisa bikin helm safety yg warna putih jadi abu-abu, masuk daerah terlarang perusahaan yang Cuma boleh dilewatin sama panser, boncengan pake sepeda ontel keliling komplek perusahaan yang luasnya 30 hektar lebih, kabur dari tugas pas ujan gede dengan alasan  kosan bocor padahal pengen tidur hehe, ijin pulang kampong pake alasan bimbingan padahal uda abis duit, nyasar ke terminal ledeng, naek angkot 2 jam g turun-turun, bingung nyari pintu masuk BSM, liat sepatu yang harganya diatas satu juta padahal kaya sama ajah sama yang di jual di dadaha 100ribuan, foto-foto di jembatan penyebrangan, dijailin bocah-bocah umur 3 tahun, nimbun gelas kopi ibu kosan nyampe ditagih ke kamar, ngikut mandi di kamar tetangga, kelaperan tengah malem gegara lupa nyetok makanan, masuk sarang penyamun di perempatan lampu merah, hujan-hujanan dari Bandung nyampe Tasik tanpa jas hujan tanpa jaket, salah bawa celana dalem di jemuran kosan, ekspedisi di hutan lindung PT PINDAD, jadi panitia dadakan sunatan masal, liat latihan tanggap darurat kebakaran, naek ambulan, tidur di masjid perusahaan padahal harusnya observasi lapangan, diem-dieman sama temen sekamar, ga sengaja masukin sikat penghuni kamar sebelah ke pembuangan air dan ga afdol klo tinggal sebulan di Bandung tapi ga nginjek yang namanya gasibu dan gedung sate. Well, sepertinya itu bukan magang, tapi liburan di Bandung dengan judul magang. Haha
Tapi, dengan semua hal yang saya lakukan banyak sekali pelajaran yang saya ambil, dari mulai gimana caranya biar dapet tempat ngejemur baju, sampe gimana rasanya jadi pegawai PT. PINDAD yang notabene perusahaan gede.
Begini enaknya nyandang gelar mahasiswa, bisa ngelakuin apa ajah. Dapet ilmu apa ajah. Hehee


dan ini beberapa foto saat saya berada di Bandung.













4 komentar:

  1. Sampun. Mas, mau nanya dong hehe kemaren ngurus izin pkl di pindad yang dibutuhin apa aja ya? Lalu mekanismenya gimana? Apa setelah diajukan kita telefon follow up atau nanti ada pengumumannya dari mereka ya? Maaf banyak nanya loh ya hehe mau nyari tempat pkl juga 🙏

    BalasHapus
  2. Wah, seru juga kliatannya..

    Saat ini gue lagi mencari-cari Tempat Magang Di Jogja dan blog lo ini cukup memberi motivasi buat gue untuk tetep semangat..

    hahaha... thx again

    BalasHapus
  3. cara daftar kp nya gimana gan?ane tertarik nih... bales di twitter ya, @ardayogi

    BalasHapus
  4. Bro kalo magang di pindad dapet gaji apa nggak? Kalo dpat, dpat berapa?

    BalasHapus