Senin, 11 Maret 2013

Jadilah Orang Yang Kuat Dengan Tidak Mengeluarkan Keluhan

Mengeluh, setiap manusia di dunia ini pasti pernah mengeluh. Setiap ada hal yang tidak sesuai dengan keinginannya hampir pasti dikeluhkan, mengeluhkan diri sendirikah, orang lainkah, bendakah atau apapun yang menurut dia menjadi penyebab tidak tercapainya keinginannya.
Mengeluh itu adalah kebiasaan yang dibenarkan, padahal mengeluh adalah salah satu tanda tidak bersyukur. Bahkan terkadang kita mengeluh dengan nada bicara yang membanggakan keluhan kita. Entah apa maksudnya, mencari sensasi atau sekedar mengharap perhatian.
Sebelum menjadi anggota BEM beberapa tahun yang lalu saya adalah seorang yang senang dengan mengeluh dan senang juga mendengarkan keluhan orang lain. Setiap orang yang memiliki keluhan dan keluhannya sejalan dengan keluhan saya akan saya layani keluhannya dengan keluhan lagi hingga akhirnya sampailah kita pada yang namanya Ghibah, yaitu membicarakan keburukan orang lain yang memang benar adanya.
Beberapa bulan terakhir saya membaca salah satu status facebook teman saya yang mengucapkan "mengeluh itu hanya membuat lemah.." sederhana tapi maknanya luar biasa untuk saya.
Ketika membaca itu saya langsung mempertanyakan kebenarannya dan ternyata memang benar. Seperti saya sebutkan di awal, mengeluh adalah salah satu tanda tidak bersyukur. Jika tidak bersyukur maka tidak bisa menikmati apa yang ada, tidak bisa menikmati apa yang ada tidak akan pernah bahagia karena akan selalu merasa kekurangan, tidak bisa menerima kekurangan berarti mentalnya lemah. Mengeluh juga secara tidak langsung memberitahukan kepada orang lain bahwa kita itu lemah terutama untuk orang-orang yang selalu mengeluh di jejaring sosial, selain membuka kelemahannya sendiri dia juga membuka aib terhadap apa yang dikeluhkannya, meskipun yang dikeluhkannya adalah barang tapi pasti ada yang membuat. Pembuatnya itulah yang akan mendapatkan dampak negatif dari keluhan anda.
Bagaimana agar tidak mengeluh?
Caranya mudah saja namun sulit ketika mengawalinya, apalagi untuk orang-orang yang terbiasa dengan mengeluh. Namun, ketika anda berhasil melakukannya anda akan merasakan perbedaan dalam diri anda ketika menjalani hidup. Caranya adalah cobalah untuk tidak mengeluarkan keluhan dan berkata kasar selama 3 hari berturut-turut. Mudah kan? Kalo memang mudah silakan dicoba. Jika gagal, jangan berhenti mencoba. Karena ini akan melatih anda untuk menahan keluhan yang anda rasakan agar tidak anda ucapkan, cukup dirasakan oleh anda sendiri dan nikmati semua prosesnya.
Selamat mencoba, semoga berhasil dan jadilah orang yang hebat dengan tidak mengeluh. Semoga bermanfaat.. :)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar